Cara Mudah Membuat Kipas Angin Sedingin AC dengan Peralatan Seadanya

Ketika musim kemarau, cuaca di Indonesia biasanya sering panas tak terkira. Terutama bagi yang tinggal di perkotaan, di mana asap kendaraan dan minimnya pepohonan membuat udara terasa semakin menyengat. Terkadang, memakai kipas angin saja tidak bisa mengatasi rasa panas di dalam ruangan, bahkan angin yang dihasilkan kipas angin jadi lebih panas karena kurangnya sirkulasi udara. Ketika ingin membeli AC, nyatanya tidak ada budget. Inilah saatnya Anda putar otak, dengan peralatan sederhana Anda bisa membuat kipas angin sedingin AC. Bagaimana caranya?

Bahan dan Peralatan untuk Membuat Kipas Angin Sedingin AC

Sebelum kita membuat kipas angin AC, sebaiknya persiapkan bahan-bahan dan peralatannya terlebih dulu. Bahan, bahannya tidak sulit dicari dan jika dibanding membeli AC, membeli bahan ini akan dirasa lebih murah. Jadi, apa saja bahan dan alatnya?

Pertama, siapkan dulu kipas angin. Tentu saja kipas angin adalah barang paling penting yang harus ada, jika tidak ada kita tidak akan bisa memulai membuat kipas angin sedingin AC ini. Kipas angin yang digunakan pun boleh yang bentuknya apa saja dan dari jenis apa saja, asalkan bisa menyala dan berputar dengan baik sudah bisa digunakan. Kamu boleh memakai kipas angin kotak atau bulat, yang penting mudah dipindahkan. Usahakan tidak menggunakan kipas angin dinding.

Siapkan juga selang atau pipa tembaga dengan ukuran 3/16 sekitar 4 meter. Kalau khawatir selangnya kurang panjang, bisa lebih dari 4 meter. Selain selang tembaga, siapkan pula selang plastik kecil yang bening ukuran 3/16 yang panjangnya kira-kira 10 meter. Tidak lupa, siapkan juga kabel ties satu pak dengan ukuran sedang. Kemudian siapkan pompa air atau underwater pump atau aerator, biasanya disebut juga pompa akuarium karena digunakan untuk memompa air di akuarium.

Tidak lupa persiapkan tempat untuk menampung air dan es batu seperti cool box atau tempat berpenutup lainnya. Kemudian persiapkan pula peralatan seperti tang, cutter, gunting dan lain sebagainya sebagai alat bantu pemasangan untuk membuat kipas angin sedingin AC.

Langkah untuk Membuat Kipas Angin Sedingin AC

Dari bahan-bahan yang sudah disiapkan, saatnya untuk memulai membuat kipas angin sedingin AC secara bertahap.

Langkah pertama, lingkarkan pipa tembaga ke kerangka luar kipas. Bentuk seperti obat nyamuk dan tahan dengan kabel ties supaya pipa tidak lepas dari kerangka kipas. Upayakan lingkaran pipa tidak terlalu rapat, supaya angin dari kipas bisa berhembus maksimal dan bukannya malah tertutupi oleh gulungan yang terlalu berdekatan.

Langkah kedua, ujung pipa tembaga yang sudah dililitkan tadi sambungkan dengan selang plastik bening. Supaya sambungan antar pipa ini tidak mudah lepas, kamu bisa mengelemnya dengan lem atau lakban. Kamu juga bisa memanfaatkan kabel ties untuk membuat sambungan tersebut tidak lepas.

Langkah ketiga, setelah selang plastik dan pipa tembaga tersambung, hubungkan salah satu ujung selang ke pompa akuarium (underwater pump) di bagian outlet. Sedangkan ujung selang yang lain dibiarkan karena nanti akan digunakan sebagai tempat keluarnya air dari pompa.

Langkah keempat, sediakan box berpenutup atau cool box dan isilah dengan es batu dalam jumlah yang besar. Baru setelah itu isilah box dengan air supaya bercampur dengan es batu. Jika es batu kurang, kamu bisa menambahinya hingga air benar-benar terasa dingin.

Langkah kelima, saatnya melakukan finishing. Letakkan kipas angin rakitan dan box es batu secara berdekatan. Kedua ujung selang plastik dimasukkan ke dalam box beserta pompa akuariumnya sekalian. Setelah itu, silahkan coba nyalakan pompa akuariumnya, dan nyalakan kipas anginnya. Beberapa detik kemudian kamu akan merasakan udara menjadi lebih dingin dan sejuk. Membuat kipas angin sedingin AC pun selesai.

Tips Supaya Kipas Angin AC Bekerja Lebih Maksimal

Air es biasanya akan cepat mencair jika suhu di sekitar saat itu terlalu panas. Untuk menjaga keawetan es dan mempertahankan kondisi dingin yang lebih lama, ada baiknya mencampurkan garam kasar pada air. Garam akan menjaga es tidak cepat mencair, dengan begitu air yang mengalir juga tetap terjaga suhu dinginnya. Sebenarnya, penggunaan blue ice atau dry ice lebih disarankan karena biasanya lebih tahan lama. Namun, jika di lingkungan Anda tidak ada penjual es seperti itu, cukup gunakan es batu biasa.

Jangan lupa, perhatikan juga tetesan-tetesan air yang nantinya akan muncul pada permukaan pipa. Tetesan air tersebut terjadi karena proses kondensasi, yaitu berubahnya wujud benda ke bentuk yang lebih padat, dalam hal ini gas panas di dalam ruangan tadi berubah menjadi bentuk cair alias mengalami pengembunan. Supaya tetesan air tersebut tidak membasahi lantai, sebaiknya letakkan wadah di bawah kipas untuk menampung air tersebut. Bisa menggunakan wadah tampung atau kain lap. Yang penting lantai tidak basah.

Kemudian jika dirasa kipas AC tersebut kurang dingin, mungkin kamu bisa mengganti pompa akuariumnya ke pompa yang bertenaga lebih kuat. Semakin kuat, sirkulasi yang dihasilkan akan lebih cepat, dan udara pun lebih cepat dingin.

Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik, sebaiknya tidak menyalakan kipas dalam mode tercepat. Pasang kipas dalam mode lambat atau sedang, sehingga udara yang dingin bisa pelan-pelan merambat ke seluruh ruangan. Yang lebih penting, jangan lupa menutup ruangan rapat-rapat supaya terhindar dari udara luar yang panas. Jika ruangan terbuka, kipas AC pun akan percuma.

Mengetahui Cara Kerja Kipas AC Rancangan Sendiri

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa hanya dengan selang udara yang bergerak di sekitar kipas bisa menjadi lebih dingin. Hal ini karena air dingin yang mengalir melewati pipa-pipa yang sudah Anda pasang spiral.

Ketika kipas angin Anda berputar, udara di sekitarnya akan menyentuh permukaan pipa yang sudah dingin berkat air es. Hal ini membuat udara panas pun pelan-pelan berganti menjadi dingin. Kemudian, udara panas yang sudah bersentuhan dengan pipa dingin tadi, akan memengaruhi suhu air di dalam pipa. Air pun menjadi lebih hangat, dan pipa yang tadinya dingin pun berubah hangat. Inilah mengapa di permukaan pipa akan muncul embun-embun kecil.

Efek dari proses tersebut juga akan berpengaruh pada box penampungan es. Dikarenakan air yang mengalir ke pipa juga dibuang di box yang sama dan akan diputar kembali ke pipa oleh pompa, maka air dalam box menjadi ikut hangat.

Berkat perpindahan kalor dari udara di ruangan ke box air es, ruangan Anda pun menjadi dingin dan kering. Efeknya jadi sama dengan penggunaan AC pada umumnya. Selain itu, daya listrik dari membuat kipas angin sedingin AC ini juga lebih kecil daripada AC biasa. Bahkan bisa dibilang dayanya sama dengan ketika Anda memutar kipas angin seperti hari-hari biasanya, sehingga tidak perlu khawatir untuk menambah daya listrik di rumah.