Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik untuk Ruangan Rumah Anda

Kipas angin menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi banyak rumah di negara tropis seperti Indonesia. Cuaca yang panas seringkali diatasi dengan keberadaan kipas angin. Orang lebih cenderung memilih kipas angin karena lebih murah dan tidak banyak memakan listrik. Kipas angin memiliki beragam jenisnya, dari mulai kipas angin duduk, berdiri, kipas angin meja hingga kipas angin dinding. Kipas angin dinding banyak dipilih karena tidak memakan tempat. Jika anda sedang mencari kipas angin, berikut ini sepuluh daftar kipas angin dinding terbaik untuk rumah anda.

1. Miyako KDB-18

Brand pertama datang dari Miyako series KDB-18 yang menawarkan kipas angin bertenaga kuat sehingga cocok digunakan untuk ruangan yang besar. Terdapat tiga pilihan kecepatan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan pendinginan ruangan. Untuk pengaturan kecepatan putaran kipas angin, disediakan rotary switch atau memutar untuk mengatur posisi kecepatan. Jika ingin mengubah kecepatan ke tingkat terendah, anda tinggal memutar rotary switch.

Karena didesain untuk memberikan putaran angin yang kuat ke ruangan yang besar, daya listrik yang dibutuhkan untuk kipas angin Miyako KDB-18 lebih besar dibanding seri lainnya dari Miyako, yaitu 90 watt. Untuk meningkatkan keamanan penggunaan, kipas ini dilengkapi dengan Thermofuse Safety.

2. Miyako KAW-1662

Miyako KAW-1662 merupakan kipas angin dinding terbaik berikutnya dari Miyako karena lebih hemat daya listrik, yaitu hanya 50 Watt saja. Desain pada kipas angin ini sangat menarik yaitu kombinasi dari warna putih pada badan dan rangka kipas serta warna hijau pada baling kipas, tombol dan pinggir rangka.

Terdapat tiga pilihan kecepatan putaran baling yang dapat anda setel sesuai kebutuhan. Anda tinggal setel putaran kencang pada saat suhu udara panas dan setel pelan ketika suhu tidak terlalu panas. Untuk mencegah kipas mengalami panas berlebih, terdapat fitur Thermofuse Safety pada kipas ini.

3. Miyako KAW-1689 RC

Yang unik dari kipas angin ini adalah adanya timer otomatis dari kipas selama 7,5 jam yang berfungsi untuk mematikan kipas secara otomatis ketika anda ketiduran menggunakan kipas. Dengan fitur ini, anda juga akan lebih menghemat listrik di rumah. Kipas ini juga dilengkapi dengan remote control sehingga sangat nyaman untuk anda kendalikan dari manapun anda berada tanpa harus menyentuh kipas secara langsung. Dengan keberadaan remote control, anda bisa dengan nyaman meletakkan kipas di sudut tinggi dinding rumah karena untuk mengendalikannya cukup menggunakan remot.

Untuk kebutuhan listrik hanya 55 watt sehingga sangat hemat energi. Anda juga bisa menjadikan kipas ini sekaligus sebagai pengharum ruangan. Kipas ini dilengkapi oleh rak bracket parfume yang berfungsi untuk meletakkan pengharum ruangan.

4. Miyako Kad 1227

Menjadi salah satu kipas angin dinding terbaik dari Miyako, kipas angin ini memiliki ukuran baling-baling 12 inchi dengan berat hanya 5 kg saja. Menariknya, kipas ini dapat digunakan ganda baik sebagai kipas dinding maupun kipas meja. Untuk keamanan, mesin kipas ini sudah dilengkapi oleh thermofuse untuk mencegah mesin panas berlebih. Meski ukuran baling tidak terlalu besar, namun kekuatan kecepatan putaran angin cukup kuat sehingga bisa membuat ruangan menjadi sejuk. Harga kipas angin ini juga cukup murah yaitu Rp 190 ribuan dan konsumsi daya hanya 35 watt saja.

5. Trisonic T-1607

Kipas keluaran Trisonic satu ini didesain dengan ukuran baling-baling sebesar 16 inchi. Meski ukuran baling-baling cukup besar, namun daya listrik yang diperlukan hanya 40 Watt. Terdapat tiga pilihan kecepatan yang bisa dipilih sesuai keinginan serta pilihan putaran kipas ke kiri dan kanan. Untuk memilih putaran ke kiri atau ke kanan maupun pilihan kecepatan, disediakan dua buah saklar yang tinggal ditarik saja. Saklar ini sesuai dengan desain kipas yang memang ditujukan sebagai kipas dinding. Untuk harga kipas Trisonic T-1607 hanya dibanderol sekitar Rp 120an ribu.

6. Twindog 16 inch

Dibanderol dengan harga hanya Rp 120an ribu, kipas angin dari Twindog ini didesain dengan daya listrik hanya 45 Watt. Meski daya listriknya rendah, namun ukuran baling-baling kipas ini cukup besar yaitu 16 inchi. Anda juga bisa menyetel kipas ini memutar ke seluruh ruangan karena dilengkapi dengan kemampuan putaran 180 derajat. Terdapat tiga kecepatan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Dimensi kipas ini 432 x 200 x 432 mm dengan bobot 6,7 kilogram.

7. Okayama 12 inch

Kamu tidak perlu takut tagihan listrik di rumah membengkak jika menggunakan kipas angin Okayama. Kipas angin Okayama ini hanya membutuhkan daya listrik 32 Watt saja. Desain kipas angin ini juga minimalis dengan ukuran baling hanya 12 inchi. Meski tidak terlalu besar, namun kipas angin ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya mendinginkan ruangan.  Kipas yang dapat diatur tiga pilihan kecepatannya ini dibanderol dengan harga Rp 115 ribu saja.

8. National Plus 16 inch

Kipas angin dari Indonesia National Plus ini dibanderol sekitar Rp 115 ribuan. Menariknya, kipas angin ini memiliki kemampuan berotasi hingga 180 derajat sehingga dapat mendinginkan seluruh ruangan. Terdapat tiga tombol kecepatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Daya listrik yang dibutuhkan untuk kipas ini hanya 45 Watt. Ukuran baling-baling kipas ini sebesar 16 inchi dengan bobot kipas 6,1 kilogram.

9. Maspion MWF-232

Menjadi kipas angin dinding terbaik berikutnya keluaran Maspion, Maspion MWF-232 di banderol di kisaran harga Rp 194 ribuan. Desain dan warna yang dipadukan pada kipas Maspion MWF-232 ini juga sangat menarik sehingga dapat digunakan untuk mempercantik ruang tamu anda. Terdapat dua varian warna yang bisa dipilih yaitu hijau dan biru. Ukuran kipas ini 9 inchi atau dimensinya 655 x 455 x 345 mm. Terdapat tiga varian pilihan kecepatan yang bisa digunakan. Untuk mengatur kecepatan, anda cukup menarik tali dari kipas, atau sistem Pull Switch. Untuk konsumsi daya sangat ringan yaitu hanya 25 Watt saja.

10. Maspion MWF-41K

Didesain dengan ukuran baling yang besar yaitu 16 inchi, kipas angin Maspion MWF-41K hanya mengkonsumsi daya 55 Watt. Kipas ini juga dilengkapi dengan proteksi dari Thermofuse Protection yang berfungsi mendinginkan mesin ketika mesin sudah terlalu panas. Terdapat beberapa pilihan kecepatan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Harga kipas angin Maspion MWF-41K juga cukup murah yaitu hanya Rp 270an ribu.

11. Maspion MWF-31K

Merupakan kipas angin dinding terbaik berikutnya dari Maspion, Maspion MWF-31K dibanderol dengan harga di kisaran Rp 240an ribu saja. Ukuran baling-balingnya cukup mini yaitu hanya 12 inchi saja. Meski mini, namun kemampuan mendinginkan ruangannya tidak bisa diragukan karena telah disertai teknologi Direct Cooling yang mampu menyejukkan ruangan dengan cepat. Terdapat teknologi Thermofuse Protection untuk mengamankan mesin dari panas berlebih. Daya listriknya juga cukup hemat karena hanya memerlukan daya 45 Watt saja.